Rencana Operasional


Pencapaian visi, Misi, Tujuan Melalui Sasaran

Sesuai dengan misi, maka rencana operasional dapat diperhatikan di tiga tabel yaitu tabel 3.1. rencana operasional bidang pendidikan, tabel 3.2. rencana operasional bidang penelitian, tabel 3.3. rencana operasional bidang pengabdian masyarakat, tabel 3.4. rencana operasional pengembangan organisasi dan manajemen, tabel 3.5. rencana operasional bidang kemahasiswaan dan alumni, dan tabel 3.6. tabel operasional bidang kerjasama institusional.

Tabel 1. Rencana Operasional Bidang Pendidikan

SASARAN

PARAMETER

INDIKATOR

Meningkatnya Mutu Pendidikan di program study

Akreditasi Program Studi

Akreditasi A oleh BAN-PT untuk program D3 Kebidanan

Tersusun dan terselenggaraannya kurikulumyg dinamis dan memenuhin relevansi pendidika Kebidanan dan kesehatan terkini

Kurikulum Nasional

Terlaksananya KBK untuk program D3 Kebidanan

Meningkatnya kuantitas dan kualitas dosen pengelola seluruh kurikulum program study babaik dalam hal mutu akademik maupun dalam mutu kependidikan

Ratio Dosen : Mahasiswa

1 : 25

 

Kualifikasikompetensi

Tiap dosen memilikisertifikasi yg diakui secara nasional

Meningkatnya Mutu Proses Belajar Mengajar seluruh program stdy menyangkut mutu perancangan, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajarnnya

Pedoman Akademik

Tersedia dan selalu ter “up dated”

 

Standart proses pembelajaran

  • Ada”studentworkshet”
  • 1 ruang diskusi/12 maha siswa
  • Perangkat IT/ ruang diskusi

 

Standar pelatih keterampilan

  • 1 unit lengkap lab.skill
  • 1 skills trainer / 12 mahasiswa

 

Infrastrukturminimal

  • Hot spor untuk akses informasi
  • Perpustakaan
  • Akses digitalibrary

 

Kelulusan

  • Kelulusan mata kuliah   100%

Meningkatkan kemampuan program study untuk pemerataan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat

Dayatampung

Program study D3 kebidanan:200

 

Pemerataan

Memberikan peluang kepada masyarakat yang berasal dari daerah tertinggi

 

Tabel 2. Rencana Operasional Bidang Penelitian

SASARAN

PARAMETER

INDIKATOR

Meningkatkanya jumlah dan mutu penelitian yang di tandai dengan meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian tepat guna untuk di aplikasikan pada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat, meningkatya karya ilmiah dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional serta meningkaatnya perolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Jumlah Penelitian

  • Penelitian pengembangan ilmu:5// untuk S2
  • Penelitian terapan:5/tahun

 

Tabel 3. Rencana Operasional Bidang Pengabdian Masyarakat

SASARAN

PARAMETER

PARAMETER

Meningkatnya jumlah dan mutu pengabdian kepada masyarakat baik dalam pendidikanya maupun Pelayananya kepada masyarakat di bidang kebidanan dan kesehatan

Jumlah Kegiatan

  • Pendidikan kesehatan masyarakat : 4 kegiatan/tahun
  • Pelayanan kesehatan masyarakat :2/tahun

Menjadi pelopor pemberdayaan kader kesehatan desa dalam penanganan kedaruratan dan kebidanan

Menjadi pusat pengabdian masyarakat

Berfungsinya pusat pemberdayaan masyarakat pedesaan dalam penanganan kedaruratan

 

Tabel 4. Rencana oprasional pengembangan organisasi dan menajemen

SASARAN

PARAMETER

INDIKATOR

 

Meningkatnya mutu kegiatan kemahasiswaan

Manajemen organisasi

Berfungsinya tata kelola organisasi kemahasiswaan

 

Pendidikan dan pelatihan

Diklap penalaran soft skill 2 kali/tahun

 

 

meningkatnya kuantitas dan mutu pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri

Kelompok minat

Berfungsinya kelompok minat

 

Prestasi olahraga

  • Tingkat regional : 2 cabang olahraga
  • Tingakat nasional : 1 cabang olahraga
 

Prestasiseni

  • Tingkat regional : 2 cabang seni
  • Tingkat nasional : 1 cabang seni
 

Meningkatnya kesejahteraan spritual, moral dan material mahasiswa

Bingbingan dan konsling

  • Ada dan berfungsinya kelembagaan bingbingan dan konsling bingbingan
  • SOP bingbingan konsling

 

 

Ada dan berfungsinya kepenasehatanakademik

 

Bingbingan dan konsling

 

Beasiswa

  • Jalurdiknas/dikti/donasi/industri

 

 

Meningkatnya pemahaman dan toleransi keberagamaan budaya di lingkungan Mahasiswa

Pembinaan moral keagamaan

  • Berfungsinya unit pembinaan keagamaan

 

 

 

Tabel 5. Rencana operasional bidang kemahasiswaan dan alumni

SASARAN

PARAMETER

INDIKATOR

Meningkatnya mutu kegiatan kemahasiswaan

Manajemen organisasi

Berfungsinya tata kelola organisasi kemahasiswaan

 

Pendidikan dan pelatihan

Diklat penalaran dan soft skill 2 kali/tahun

Meningkatnya kuantitas dan mutu pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri

Kelompok minat

Berfungsinya kelompok minat

 

Prestasi Olahraga

  • Tingkat regional : 2 Cabang olahraga
  • Tingkat Nasional : 1 cabang olahraga

 

Prestasi Seni

  • Tingkat regional : 2 Cabang olahraga
  • Tingkat Nasional : 1 cabang olahraga

Meningkatnya kesejahteraan spiritual, moral dan material mahasiswa

Bimbingan dan Konseling

  • Ada dan berfungsinya kelembagaan bimbingan dan konseling mahasiswa
  • SOP bimbingan konseling

 

Kepenasehatan Akademik

Ada dan berfungsinya kepenasehatan akademik

 

  •  
  • Jalur Diknas/Dikti
  • Swasta/Lembaga/donasi/usaha/industri

Meningkatnya pemahaman dan toleransi keberagaman budaya dilingkungan mahasiswa

Pembinaan moral keagamaan

  • Berfungsinya unit pembinaan keagamaan

 

Tabel 6. Reencana operasional bidang kerjasama instutisonal

SASARAN

PARAMETER

INDIKATOR

Kerjasama pendidikan

Penembangan kurikulum dan proses belajar mengajar

Menoradum of onderstanding/Kerjasama operasional dalam negeri 100%/5tahun

 

Pengembangan RS pendidikan

Kerjasama penelitian

Pendanaan penelitian

Meorandum of understanding/Kerjasama donor dalam negeri 100%/5Tahun

Untuk mencapai target-target kinerja sasaran tersebut sesuai dalam RENSTRA akademi kebidanan Matorkis 2020-2025 maka telah ditetapkan strategi, kebijakan dan program yg akan dijalankan.

Penetapan Indikator dan Sasaran Tahunan

Arah kebijakan merupakan strategi utama pencapaian sasarandiwujudkan dalam perogram. Pelaksanaan program diwujudkan dalam kegiatan tahunan. Penetapan indikator kinerja dalam masing-masing kegiatan telah ditetapkan dalam RENSTRA sehingga penetapan indikator dan sasaran tahunan merupakan sinkronisasi antara sasaran dan indicator kinerja tahunan.

 

Komentar Anda