Pencapaian Visi, Misi, Tujuan Melalui Sasaran
Sesuai dengan misi, maka Rencana Operasional dapat diperhatikan di tiga tabel yaitu tabel 3.1. Rencana Operasional Bidang Pendidikan, tabel 3.2. Rencana Operasional Bidang Penelitian, tabel 3.3. Rencana Operasional Bidang Pengabdian masyarakat, tabel 3.4. Rencana Operasional Bidang Pengembangan Organisasi dan Manajemen, tabel 3.5. Rencana Operasional Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dan tabel 3.6. Operasional Bidang Kerjasama Institusional.
Tabel 3.1. Rencana Operasional Bidang Pendidikan
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatnya Mutu Pendidikan di Program Studi |
Akreditasi Program Studi |
Akreditasi "A" oleh BAN-PT untuk Program D3 Kebidanan |
Tersusun dan terselenggaranya kurikulum yang Dinamis dan memenuhi relevansi Pendidikan Kebidanan dan kesehatan terkini |
Kurikulum Nasional |
Terlaksananya KBK untuk Program D3 Kebidanan |
Meningkatnya Kuantitas dan Kualitas dosen pengelola seluruh kurikulum Program Studi baik dalam hal Mutu Akademik maupun dalam Mutu Kependidikan |
Ratio Dosen : Mahasiswa |
1 : 25 |
Kualifikasi Kompetensi |
Setiap Dosen memiliki Sertifikasi yang diakui secara Nasional |
|
Meningkatnya Mutu Proses Belajar Mengajar seluruh Program Studi menyangkut Mutu Perancangan, Pembelajaran, dan Evaluasi Hasil Belajarnya |
Pedoman Akademik |
Tersedia dan selalu ter “up date” |
Standar Proses Pembelajaran |
|
|
Standar Pelatihan Keterampilan |
|
|
Infrastruktur Minimal |
|
|
Kelulusan |
|
|
Meningkatkan kemampuan Program Studi untuk pemerataan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat |
Daya Tampung |
Program studi D3 Kebidanan : 200 |
Pemerataan |
Memberikan peluang kepada masyarakat yang berasal dari daerah tertinggi |
Tabel 3.2. Rencana Operasional Bidang Penelitian
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatkan jumlah dan Mutu Penelitian yang ditandai dengan meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian tepat guna untuk diaplikasikan pada Pendidikan dan Pelayanan kepada masyarakat, meningkatnya Karya Ilmiah dan Publikasi Ilmiah pada tingkat Nasional maupun Internasional serta meningkatnya perolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) |
Jumlah Penelitian |
|
Tabel 3.3. Rencana Operasional Bidang Pengabdian Masyarakat
SASARAN |
PARAMETER |
PARAMETER |
Meningkatnya Jumlah dan Mutu Pengabdian kepada Masyarakat baik dalam pendidikannya maupun pelayanannya kepada masyarakat dibidang Kebidanan dan Kesehatan |
Jumlah Kegiatan |
|
Menjadi Pelopor Pemberdayaan Kader Kesehatan Desa dalam Penanganan Kedaruratan dan Kebidanan |
Menjadi pusat Pengabdian Masyarakat |
Berfungsinya pusat Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan dalam Penanganan Kedaruratan |
Tabel 3.4. Rencana Oprasional Pengembangan Organisasi dan Manajemen
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatnya Mutu Kegiatan Kemahasiswaan |
Manajemen Organisasi |
Berfungsinya tata kelola Organisasi Kemahasiswaan |
Pendidikan dan Pelatihan |
Diklap Penalaran Soft Skill 2 kali/tahun |
|
Meningkatnya Kuantitas dan Mutu Pengembangan minat dan bakat Mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri |
Kelompok Minat |
Berfungsinya Kelompok Minat |
Prestasi Olahraga |
|
|
Prestasi Seni |
|
|
Meningkatnya Kesejahteraan Spritual, Moral dan Material Mahasiswa |
Bimbingan dan Konseling |
|
Ada dan berfungsinya Kepenasehatan Akademik |
||
Beasiswa |
|
|
Meningkatnya Pemahaman dan Toleransi Keberagamaan Budaya di Lingkungan Mahasiswa |
Pembinaan Moral Keagamaan |
|
Tabel 3.5. Rencana Operasional Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatnya Mutu Kegiatan Kemahasiswaan |
Manajemen Organisasi |
Berfungsinya Tata Kelola Organisasi Kemahasiswaan |
Pendidikan dan Pelatihan |
Diklat Penalaran dan Soft Skill 2 kali/tahun |
|
Meningkatnya Kuantitas dan Mutu Pengembangan minat dan bakat Mahasiswa untuk mendukung Pengembangan Diri |
Kelompok Minat |
Berfungsinya Kelompok Minat |
Prestasi Olahraga |
|
|
Prestasi Seni |
|
|
Meningkatnya Kesejahteraan Spiritual, Moral dan Material Mahasiswa |
Bimbingan dan Konseling |
|
Kepenasehatan Akademik |
Ada dan berfungsinya Kepenasehatan Akademik |
|
|
||
Meningkatnya Pemahaman dan Toleransi Keberagaman Budaya di Lingkungan Mahasiswa |
Pembinaan Moral Keagamaan |
|
Tabel 3.6. Rencana Operasional Bidang Kerjasama Institusional
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Kerjasama Pendidikan |
Pengembangan Kurikulum dan Proses Belajar Mengajar |
Memorandum of understanding/Kerjasama Operasional dalam Negeri 100%/5tahun |
Pengembangan RS Pendidikan |
||
Kerjasama Penelitian |
Pendanaan Penelitian |
Memorandum of understanding/Kerjasama Donor dalam Negeri 100%/5Tahun |
Untuk mencapai target-target kinerja sasaran tersebut sesuai dalam RENSTRA Akademi Kebidanan Matorkis 2020-2025 maka telah ditetapkan Strategi, Kebijakan dan Program yang akan dijalankan.
Penetapan Indikator dan Sasaran Tahunan
Arah Kebijakan merupakan strategi utama pencapaian sasaran diwujudkan dalam program. Pelaksanaan program diwujudkan dalam kegiatan tahunan. Penetapan Indikator Kinerja dalam masing-masing kegiatan telah ditetapkan dalam RENSTRA sehingga penetapan Indikator dan Sasaran tahunan merupakan sinkronisasi antara sasaran dan indikator kinerja tahunan.