Pencapaian visi, Misi, Tujuan Melalui Sasaran
Sesuai dengan misi, maka rencana operasional dapat diperhatikan di tiga tabel yaitu tabel 3.1. rencana operasional bidang pendidikan, tabel 3.2. rencana operasional bidang penelitian, tabel 3.3. rencana operasional bidang pengabdian masyarakat, tabel 3.4. rencana operasional pengembangan organisasi dan manajemen, tabel 3.5. rencana operasional bidang kemahasiswaan dan alumni, dan tabel 3.6. tabel operasional bidang kerjasama institusional.
Tabel 1. Rencana Operasional Bidang Pendidikan
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatnya Mutu Pendidikan di program study |
Akreditasi Program Studi |
Akreditasi A oleh BAN-PT untuk program D3 Kebidanan |
Tersusun dan terselenggaraannya kurikulumyg dinamis dan memenuhin relevansi pendidika Kebidanan dan kesehatan terkini |
Kurikulum Nasional |
Terlaksananya KBK untuk program D3 Kebidanan |
Meningkatnya kuantitas dan kualitas dosen pengelola seluruh kurikulum program study babaik dalam hal mutu akademik maupun dalam mutu kependidikan |
Ratio Dosen : Mahasiswa |
1 : 25 |
|
Kualifikasikompetensi |
Tiap dosen memilikisertifikasi yg diakui secara nasional |
Meningkatnya Mutu Proses Belajar Mengajar seluruh program stdy menyangkut mutu perancangan, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajarnnya |
Pedoman Akademik |
Tersedia dan selalu ter “up dated” |
|
Standart proses pembelajaran |
|
|
Standar pelatih keterampilan |
|
|
Infrastrukturminimal |
|
|
Kelulusan |
|
Meningkatkan kemampuan program study untuk pemerataan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat |
Dayatampung |
Program study D3 kebidanan:200 |
|
Pemerataan |
Memberikan peluang kepada masyarakat yang berasal dari daerah tertinggi |
Tabel 2. Rencana Operasional Bidang Penelitian
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatkanya jumlah dan mutu penelitian yang di tandai dengan meningkatnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian tepat guna untuk di aplikasikan pada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat, meningkatya karya ilmiah dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional serta meningkaatnya perolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) |
Jumlah Penelitian |
|
Tabel 3. Rencana Operasional Bidang Pengabdian Masyarakat
SASARAN |
PARAMETER |
PARAMETER |
Meningkatnya jumlah dan mutu pengabdian kepada masyarakat baik dalam pendidikanya maupun Pelayananya kepada masyarakat di bidang kebidanan dan kesehatan |
Jumlah Kegiatan |
|
Menjadi pelopor pemberdayaan kader kesehatan desa dalam penanganan kedaruratan dan kebidanan |
Menjadi pusat pengabdian masyarakat |
Berfungsinya pusat pemberdayaan masyarakat pedesaan dalam penanganan kedaruratan |
Tabel 4. Rencana oprasional pengembangan organisasi dan menajemen
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
|
Meningkatnya mutu kegiatan kemahasiswaan |
Manajemen organisasi |
Berfungsinya tata kelola organisasi kemahasiswaan |
|
Pendidikan dan pelatihan |
Diklap penalaran soft skill 2 kali/tahun
|
||
meningkatnya kuantitas dan mutu pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri |
Kelompok minat |
Berfungsinya kelompok minat |
|
Prestasi olahraga |
|
||
Prestasiseni |
|
||
Meningkatnya kesejahteraan spritual, moral dan material mahasiswa |
Bingbingan dan konsling |
|
|
Ada dan berfungsinya kepenasehatanakademik |
|||
Bingbingan dan konsling |
|||
Beasiswa |
|
||
Meningkatnya pemahaman dan toleransi keberagamaan budaya di lingkungan Mahasiswa |
Pembinaan moral keagamaan |
|
|
Tabel 5. Rencana operasional bidang kemahasiswaan dan alumni
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Meningkatnya mutu kegiatan kemahasiswaan |
Manajemen organisasi |
Berfungsinya tata kelola organisasi kemahasiswaan |
|
Pendidikan dan pelatihan |
Diklat penalaran dan soft skill 2 kali/tahun |
Meningkatnya kuantitas dan mutu pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri |
Kelompok minat |
Berfungsinya kelompok minat |
|
Prestasi Olahraga |
|
|
Prestasi Seni |
|
Meningkatnya kesejahteraan spiritual, moral dan material mahasiswa |
Bimbingan dan Konseling |
|
|
Kepenasehatan Akademik |
Ada dan berfungsinya kepenasehatan akademik |
|
|
|
Meningkatnya pemahaman dan toleransi keberagaman budaya dilingkungan mahasiswa |
Pembinaan moral keagamaan |
|
Tabel 6. Reencana operasional bidang kerjasama instutisonal
SASARAN |
PARAMETER |
INDIKATOR |
Kerjasama pendidikan |
Penembangan kurikulum dan proses belajar mengajar |
Menoradum of onderstanding/Kerjasama operasional dalam negeri 100%/5tahun |
|
Pengembangan RS pendidikan |
|
Kerjasama penelitian |
Pendanaan penelitian |
Meorandum of understanding/Kerjasama donor dalam negeri 100%/5Tahun |
Untuk mencapai target-target kinerja sasaran tersebut sesuai dalam RENSTRA akademi kebidanan Matorkis 2020-2025 maka telah ditetapkan strategi, kebijakan dan program yg akan dijalankan.
Penetapan Indikator dan Sasaran Tahunan
Arah kebijakan merupakan strategi utama pencapaian sasarandiwujudkan dalam perogram. Pelaksanaan program diwujudkan dalam kegiatan tahunan. Penetapan indikator kinerja dalam masing-masing kegiatan telah ditetapkan dalam RENSTRA sehingga penetapan indikator dan sasaran tahunan merupakan sinkronisasi antara sasaran dan indicator kinerja tahunan.