Visi dan Misi
VISI
Menjadikan Bidan Profesional, Mandiri bertaraf nasional, yang sehat, unggul, dan sejahtera pada tahun 2027.
MISI
Misi yang diemban Akbid Matorkis dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi telah ditetepkan sebagai berikut:
- Menyelenggarak an dan mengembangan pendidikan, pengabdian masyarakat, penelitian yang unggul dan bertaraf nasional.
- Mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang kebidanan khususnya persalinan dengan hypnobirthing.
- Meningkatkan SDM tenaga pendidik melalui pelatihan-pelatihan dan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
Tujuan
- Berpijak pada visi dan misi diatas, tujuan yang ingin dicapai Akbid Matorkis dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah:
- Mengembangkan ilmu pengetahuan, berbagai bentuk penelitian dan pengabdian masyarakat serta menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan di bidang kebidanan yang bermakna dan bermanfaat.
Nilai
Seluruh civitas akademika terlibat dalam penyelenggaraan Program Studi dengan memegang teguh nilai-nilai :
- Responsif
- Efektif dan Efisien
- Suportif
- Inovatif
Sasaran
- Tercapainya lulusan yang mampu bersaing ditingkat nasional dan nasional sesuai kebutuhan masyarakat pengguna lulusan
- Terwujudnya kemampuan civitas akademik yang mandiri, mampu mengkaji, meneliti dan menganalisis permasalahan yang ada dimasyarakat sesuai standar pendidikan nasional.
Sasaran Bidang Akademik
- Pendidikan
- Meningkatnya Mutu Pendidikan di semua jurusan dan program studi dilingkungannya, terakreditasi sesuai dengan standar nasional. Peningkatan mutu diukur berdasarkan tingkat akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional.
- Tersusun dan terselenggaranya kurikulum yang dinamis dan memenuhi relevansi pendidikan kedokteran dan kesehatan terkini. Kualitas kurikulum diukur berdasarkan outcome pendidikan berupa pengakuan.
Meningktnya kuantitas dan kualitas dosen pengelola seluruh kurikulum program studi baik dalam hal mutu akademik maupun dalam mutu kependidikannya. Peningkatan kuantitas dosen diukur dengan ratio dosen, mahasiswa yang proporsional. Peningkatan mutu dosen diukur melalui penigkatan proporsi strata pendidikan akademik dan atau profesional, serta pengakuan atas ketermpilan kependidikannya melalui sertifikasi dosen dan standar-standar internasioanal pengajar.
- Meningkatnya Mutu Proses Belajar Mengajar seluruh program studi menyangkut mutu perancangan, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajarnya. Mutu Proses Belajar Mengajar diukur melalui kualitas output lulusan seperti Indeks Prestasi.
- Meningkatnya kemampuan program studi untuk pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat yang diukur melalui jalur penerimaan mahasiswa dan daya tampung mahasiswa.
- Penelitian
- Melakukan penelitian berasis nan teknologi untuk menunjang pendidikan dan pengabdian
- Meningkatnya jumlah dan mutu penelitian yang ditandai dengan meningktnya pemanfaatan dan hasil-hasil penelitian tepat guna untuk diaplikasikan pada pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat, meningkatnya karya ilmiah dan publikasi ilmiah pada tingkat nasional maupun internasional, serta meningkatnya perolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
- Pengabdian Kepada Masyarakat
- Meningkatnya jumlah dan mutu pengabdian kepada masyarakat baik dalam pendidikan maupun pelayanan kepada masyarakat di bidang kebidanan dan kesehatan.
- Menjadi pelopor pemberdayaan kader kesehatan desa dalam penanganan kedaruratan kebidanan.
Sasaran bidang Organisasi dan Manajemen
- Tersusunya Struktur Organisasi yg efektif, efesien, dan produktif, yang dapat mewadahi penyelenggaraan fungsi-fungsi program studi.
- Terselengeranya fungsi-fungsi manajemen/ tata kelola yang sehat, terbuka, kondusif, transparan, dan akuntabel.
- Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran berbasis kinerja.
- Meningkatnya Capaticy building dalam rangka penyehatan organisasi.
- Terselenggaranya pola pengembangan Sumber Daya manusia yang terukur dengan jujur dan objektif berdasarkan standar kinerja yang baku.
Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni
- Menumbuhkan kegiatan kemahasiswaan yg bermutu dan kemampuan penalaran mahasiswa berfikir alternatif, skeptip-analitis, kritis, dan self apraisal untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang diinginkan.
- Meningkatnyakuantitas dan mutu pengembangan minat dan bakat makhasiswa untuk mendukung pengembangan diri.
- Maningkatnya kesejahteraan spritual, moral, dan mahasiswa
- Meningkatnya pemahaman dan toleransi keberagamaan budaya dilingkungan mahasiswa.
Bidang Organisasi dan Tata kelola
- Tersusunya Struktur Organisasi yg efektif, efesien, dan produktif, yg dapat mewadahi penyelenggaraan fungsi-fungsi program study.
- Terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen/tata kelola yg sehat, terbuka, kondusif, transparan , dan akuntabel.
- Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran berbasis kenerja.
- Meningkatnya capacity buildind dalam rangka penyehatan organisasi.
- Terselenggaranya pola pengembangan Sumber Daya Manusia yg terukur dengan jujur dan objektif berdasarkan standar kinerja yg baku.
Bidang kerjasama institusional
- Terciptanya kerjasama yg mampu dengan efektif mengoptimalkan networking dan resource sharing untuk peningkatan jumlah dosen yg berkualitas dan pengembangan Jejaring Lahan Belajar.
- Berkembangnya Kerjasama dan Afilialisasi Dalam Negeri, dalam rangka peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing dibidang pengembangan institusi, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.