Visi dan Misi


VISI

Menjadikan Institusi Pendidikan Bidan Yang Unggul Bertaraf Nasional Tahun 2027

MISI

Misi yang diemban Akbid Matorkis dalam proses penyelenggaraan Pendidikan Tinggi telah ditetapkan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat Di Bidang Kebidanan Yang Bermutu
  2. Meningkatkan Kualitas SDM Tenaga Pendidik, Peserta Didik, Dan Tenaga Kependidikan
  3. Melakssanakan Proses Belajar Mengajar Yang Sesuai Dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Tujuan

Berpijak pada Visi dan Misi di atas, tujuan yang ingin dicapai Akbid Matorkis dalam penyelenggaraan Pendidikan Tinggi adalah sebagai berikut :

  1. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan, berbagai bentuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta menghasilkan lulusan  yang  memiliki Kompetensi Unggul
  2. Menghasilkan Karya Ilmu Pengetahuan di bidang Kebidanan yang bermakna dan bermanfaat

Nilai

Seluruh Civitas Akademika terlibat dalam penyelenggaraan Program Studi dengan memegang teguh nilai-nilai :

  1. Responsif
  2. Efektif dan Efisien
  3. Suportif
  4. Inovatif

Sasaran

  1. Tercapainya Lulusan yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional sesuai kebutuhan masyarakat pengguna lulusan
  2. Terwujudnya kemampuan Civitas Akademik yang Mandiri, mampu mengkaji, meneliti dan menganalisis permasalahan yang ada di masyarakat sesuai Standar Pendidikan Nasional

Sasaran Bidang Akademik

- Pendidikan

  1. Meningkatnya Mutu Pendidikan di semua Jurusan dan Program Studi di lingkungannya, terakreditasi sesuai dengan Standar Nasional. Peningkatan Mutu diukur berdasarkan tingkat Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional.
  2. Tersusun dan terselenggaranya Kurikulum yang Dinamis dan memenuhi Relevansi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan terkini. Kualitas Kurikulum diukur berdasarkan outcome pendidikan berupa pengakuan.
  3. Meningktnya Kuantitas dan Kualitas Dosen pengelola seluruh Kurikulum Program Studi baik dalam hal Mutu Akademik maupun dalam Mutu Kependidikannya. Peningkatan Kuantitas Dosen diukur dengan ratio dosen, mahasiswa yang proporsional.
  4. Peningkatan Mutu Dosen diukur melalui peningkatan proporsi Strata Pendidikan Akademik dan atau Profesional, serta pengakuan atas keterampilan kependidikannya melalui sertifikasi dosen dan standar-standar internasional pengajar.
  5. Meningkatnya Mutu Proses Belajar Mengajar seluruh Program Studi menyangkut Mutu Perancangan, Pembelajaran, dan Evaluasi hasil belajarnya. Mutu Proses Belajar Mengajar diukur melalui Kualitas Output Lulusan seperti Indeks Prestas.
  6. Meningkatnya kemampuan program studi untuk pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat yang diukur melalui jalur penerimaan mahasiswa dan daya tampung mahasiswa.

- Penelitian

  1. Melakukan Penelitian berbasis Non Teknologi untuk menunjang Pendidikan dan Pengabdian.
  2. Meningkatnya jumlah dan Mutu Penelitian yang ditandai dengan meningkatnya pemanfaatan dan hasil-hasil Penelitian tepat guna untuk diaplikasikan pada Pendidikan dan Pelayanan kepada masyarakat, meningkatnya Karya Ilmiah dan Publikasi Ilmiah pada tingkat Nasional maupun Internasional, serta meningkatnya perolehan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

- Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Meningkatnya jumlah dan Mutu Pengabdian kepada masyarakat baik dalam Pendidikan maupun pelayanan kepada masyarakat di bidang Kebidanan dan Kesehatan.
  2. Menjadi Pelopor Pemberdayaan Kader Kesehatan Desa dalam penanganan kedaruratan kebidanan.

Sasaran bidang Organisasi dan Manajemen

  1. Tersusunnya Struktur Organisasi yang efektif, efisien, dan produktif, yang dapat mewadahi penyelenggaraan fungsi-fungsi program studi.
  2. Terselengeranya fungsi-fungsi manajemen/tata kelola yang sehat, terbuka, kondusif, transparan, dan akuntabel.
  3. Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran berbasis kinerja.
  4. Meningkatnya Capaticy Building dalam rangka penyehatan organisasi.
  5. Terselenggaranya pola pengembangan Sumber Daya Manusia yang terukur dengan  jujur dan objektif berdasarkan standar kinerja yang baku.

Sasaran Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

  1. Menumbuhkan kegiatan kemahasiswaan yang Bermutu dan kemampuan penalaran mahasiswa berfikir alternatif, skeptip-analitis, kritis, dan self apraisal untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan yang diinginkan.
  2. Meningkatnya kuantitas dan mutu pengembangan minat dan bakat mahasiswa untuk mendukung pengembangan diri.
  3. Maningkatnya kesejahteraan spritual, moral, dan mahasiswa.
  4. Meningkatnya pemahaman dan toleransi keberagaman budaya di lingkungan mahasiswa.

Bidang Organisasi dan Tata kelola

  1. Tersusunnya Struktur Organisasi yang efektif, efisien, dan produktif, yang dapat mewadahi penyelenggaraan fungsi-fungsi Program Studi.
  2. Terselenggaranya fungsi-fungsi manajemen/tata kelola yang sehat, terbuka, kondusif, transparan , dan akuntabel.
  3. Berkembangnya kemampuan pengelolaan anggaran berbasis kenerja.
  4. Meningkatnya Capacity Building dalam rangka penyehatan organisasi.
  5. Terselenggaranya pola pengembangan Sumber Daya Manusia yang terukur dengan jujur dan objektif berdasarkan standar kinerja yang baku.

Bidang Kerjasama Institusional

  1. Terciptanya kerjasama yang mampu dengan efektif mengoptimalkan Networking dan Resource Sharing untuk peningkatan jumlah dosen yang berkualitas dan pengembangan Jejaring Lahan Belajar.
  2. Berkembangnya Kerjasama dan Afilialisasi Dalam Negeri, dalam rangka Peningkatan Mutu, Relevansi, dan daya saing dibidang pengembangan institusi, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Komentar Anda